Translate

22.9.12

Pose medoll

Editing pose medoll ini susah-susah gampang. Kesulitannya karena harus croping terus menerus dan kemudahannya karena tinggal crop aja, hehe.. 

1. Seperti biasa, buka default (untuk memunculkan tools) photoshop (saya pakai CS2) dan file medoll seluruh badan lengkap dengan pakaian.



Jika lebih detail lagi, bisa mengambil pose medoll seluruh badan dari salon kecantikan, pakaian medoll, sepatu, aksesoris dan background (dari suite atau latar)



Catatan: Usahakan background medoll putih, untuk mempermudah editan^^ (saya mengambil pose ini dari blog)



2. Buat file baru (ctrl+N) dengan ukuran bebas. Saya mengambil ukuran 400x600 px dan pindahkan seluruh gambar ke file baru tersebut.Lihat gambar di bawah ini:






3. Lalu mulai mengkroping. Untuk awal, kita akan mengkrop tangan sebelah kiri. Gunakan pen tool dari bahu sampai siku kiri. File yang dikroping adalah file asli, bukan file baru.




Setelah pen tool tertutup, lalu seleksi (ctrl+enter) kemudian pindahkan ke file baru dengan move tool (V)


Lihat ada tambahan layer di "tab layer" (tanda cek list), ganti nama layer dengan bahu kiri


Atur bentuk tangan untuk pose menyentuh pinggang dengan "ctrl+T" putar.


Lakukan hal yang sama pada lengan kiri, tangan kanan, dan kaki kiri. Tidak perlu khawatir jika mengkrop berlebihan (terlalu panjang) tapi jangan sampai kurang. Karena yang berlebihan itu bisa kita rapikan setelah posenya selesai.

Begini setelah pose terbentuk:


Ada lima layer yang saya hasilkan (total ada 7 layer, termasuk "layer 1" dan "background")



4. Membuang kelebihan.
- Aktifkan layer 1 (yaitu layer medoll utuh) dan hapus semua yang diberi tanda silang dengan pen tool (pen tool, ctrl+enter, delete), satu persatu. Lihat gambar:


Caranya lainnya bisa dengan laso, lalu tekan "delete". Bisa juga langsung dengan tool eraser (E)* 


Begini setelah semuanya saya hapus (di layer 1)
- Demikian juga cara membentuk siku dan lutut supaya lengkungnya sempurna.
Aktifkan move tool, klik ke arah siku (dengan mengklik siku, otomatis mengaktifkan layer, sehingga kita tahu layer yang harus dirapihkan).
Gunakan pen tool untuk merapihkan setiap sudutnya. Jika menemui kesalahan, bisa diulang melalui tab history. Atau mengkrop baru dari file medoll asli. Dalam menghapus kelebihan ini juga bisa menggunakan eraser tool (E).

- Hasil setelah semua kelebihan menghilang:
- Jika sudah terlihat rapih dan yakin, maka satukan semua layer dengan merger. (Sudah pernah dijelaskan pada tutorial grafis medoll)

*sekilas: (cara merger) Klik semua layer dengan menahan “shift” setelah itu ctrl+E maka tab layer hanya berisi dua layer yaitu nama layer paling atas dan background. Dalam kasus ini, layer yang paling atas adalah layer kaki kiri.


5. Memperhalus sambungan cropping.
Gunakan clone stamp tool untuk memperbaiki beberapa lekukan yang masih terlihat janggal. (clone stamp tool sudah pernah dibahas pada tutorial masking medoll). Atur opacity.

Selesai^^


*thanks dwi (a.k.a Pinkan_Mambo) untuk perbaikannya ^__~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please write your name or medoll (so I can visit and vote you),
and thank you for coming ^_^